fisioterapi
Kesehatan

Yuk, Ketahui Lebih Dalam Apa itu Fisioterapi untuk Anak

Meningkatnya pasien yang mengalami masalah pada otot, tulang, dan sendi, mendorong perguruan tinggi untuk menawarkan jurusan fisioterapi bagi calon mahasiswa. Mengingat, permasalahan pada otot yang berimbas pada hilangnya fungsi tubuh dapat dialami oleh sebagian besar orang.

Umumnya, kondisi ini memang dialami oleh lansia. Namun tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang pasien di semua rentang usia. Oleh karena itu, diperlukan tenaga ahli yang dapat membantu menangani dan melakukan sosialisasi untuk meminimalisir kondisi ini.

Apa itu Fisioterapi?

Terapi fisik dapat menjadi salah satu solusi yang cocok untuk menuntaskan permasalahan pada otot, tulang, maupun sendi. Ini merupakan tindakan rehabilitasi yang harus dilakukan oleh pasien setelah mengalami kondisi tertentu, seperti stroke, sakit leher, sakit kepala, hingga  osteoporosis.

Cara Kerja Terapi Fisik

Terdapat beberapa prosedur yang harus diikuti pasien dalam terapi ini. Di samping itu, perlu diketahui bahwa efek yang dihasilkan oleh masing-masing pasien tentu akan berbeda-beda. Sebab, kondisi dan permasalahan fisik yang dialami juga berbeda-beda.

1. Persiapan Terapi

Sebelum melaksanakan terapi, dokter akan memeriksa kesehatan pasien terlebih dahulu. Melalui hasil pemeriksaan, dapat diketahui metode apa yang cocok dan sesuai dengan kondisi saat itu. Dengan begitu, terapi yang dilakukan bisa memberikan hasil maksimal.

2. Pelaksanaan Terapi

Durasi waktu terapi setiap pasien berbeda-beda. Umumnya, berlangsung selama 30 hingga 60 menit setiap sesi. Terdapat beberapa rangkaian terapi yang akan dilaksanakan. Pertama, terapi manual menggunakan tangan untuk melancarkan aliran darah hingga meringankan nyeri.

Kedua, dokter akan memberikan edukasi dan saran terkait gaya hidup sehat. Mulai dari rutin olahraga dan mewujudkan berat badan ideal. Ketiga, latihan fisik dan pergerakan menggunakan terapi ultrasound dan Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS).

3. Pasca Terapi

Apabila terapi selesai dilaksanakan, dokter akan melakukan evaluasi dan melihat perkembangan yang dihasilkan dari terapi sebelumnya. Dalam tahap ini, dokter juga akan memberikan kembali saran untuk meminimalisir sakit yang kambuh akibat cedera dan mempercepat pemulihan.

Jangan biarkan rasa nyeri dan keterbatasan fisik menghalangi Anda menjalani kehidupan yang aktif dan produktif. Temukan kembali kebebasan gerak Anda dan tingkatkan kualitas hidup melalui layanan fisioterapi https://klinikrhe.co.id/. Mulailah perjalanan menuju pemulihan yang lebih baik.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *